Badoer Permalukan Ferrari dengan Kesalahan yang Lebih Buruk daripada Rookie

VALENCIA - Jika melihat poin yang diraih, Ferrari merengkuh hasil cukup bagus pada Grand Prix Eropa di Sirkuit Valencia Minggu lalu (23/8). Tim Kuda Jingkrak itu merebut enam poin melalui Kimi Raikkonen yang sukses finis ketiga.

Namun, pada seri kesebelas Formula 1 (F1) 2009 tersebut, Ferrari keluar lintasan dengan wajah memerah tanda malu. Betapa tidak malu, pembalap kedua mereka, Luca Badoer, yang menggantikan Felipe Massa yang sedang dalam pemulihan cedera kepala, tampil layaknya pembalap yang baru belajar. Bahkan, dia tampil lebih buruk daripada seorang rookie seperti Romain Grosjean yang memperkuat Renault.

Di Valencia, Grosjean finis di urutan ke-15, sedangkan Badoer ke-17. Padahal, Badoer seharusnya lebih baik karena sepuluh tahun silam dia pernah menjadi pembalap F1. Sedangkan Grosjean, penampilannya di Valencia sekaligus menjadi balapan F1 pertama dalam hidupnya.

Selain itu, ada banyak kesalahan memalukan yang seharusnya tidak dilakukan seorang pembalap F1. Apalagi untuk pembalap tim sehebat dan selegendaris Ferrari. Dalam sesi latihan, Badoer empat kali kena penalti karena terlalu cepat memacu mobilnya di pit lane. Sepanjang sesi itu, Badoer lebih lambat 1,5 detik per lap dari pembalap terlambat. Jika dibandingkan dengan Raikkonen, Badoer malah lebih lambat 2,6 detik per lap.

Kekonyolan Badoer kembali terjadi di lomba. Entah apa yang ada di benaknya. Ketika hendak keluar pit lane bersamaan dengan Grosjean, dia tiba-tiba mengalah. Padahal, sebagai seorang pembalap, seharusnya dia malah menutup pergerakan lawannya itu. Satu lagi, Badoer kena hukuman drive through penalti karena melewati markah pembatas pit lane dengan lintasan.

Tak pelak, berbagai macam insiden tersebut membuat Ferrari gerah. Kalau sebelumnya mereka berencana memakai tenaga Badoer sampai Mas­sa pulih, mungkin Ferrari akan mencari ganti untuk lomba-lomba berikutnya. Musim ini masih cukup panjang karena tersisa enam lomba.

"Seperti saya bilang sebelumnya, posisi juru kunci adalah sesuatu yang tidak menyenangkan untuk Ferrari," kata Stefano Domenicali, bos Ferrari, sebagaimana dilansir Autosport.

Namun, Ferrari juga tidak serta-merta bisa langsung mengganti Badoer untuk lomba berikutnya di Belgia. Sebab, lomba di Sirkuit Spa-Francorchamps itu akan diselenggarakan pekan depan. Waktu yang dimiliki Ferrari untuk mendapatkan pembalap lain terlalu mepet. Namun, penggantian Badoer sepertinya tidak akan bisa dihindari pada lomba berikutnya di Monza, Italia, medio September.

"Lomba akhir pekan ini akan sangat penting bagi Luca Badoer. Kami berharap dia melakukan lompatan yang jauh," tuntut Domenicali.

Melihat performa Badoer yang memalukan seperti Minggu lalu, beberapa pembalap lain mulai menawarkan diri kepada Ferrari. Salah satunya test driver kedua Ferrari Marc Gene. Pembalap yang baru menjuarai seri Le Mans 24 Hours itu menyatakan sedih ketika Ferrari menjatuhkan pilihan ke Badoer. Dia merasa lebih layak karena baru saja menjadi juara. "Saya adalah pembalap aktif dan mereka (Ferrari) tahu saya siap," ucap Gene.

Anthony Davidson tidak mau ketinggalan menawarkan diri. Michael Schumacher yang sebelumnya membatalkan comeback karena belum sepenuhnya pulih dari cedera leher juga ikut disebut-sebut bakal menggantikan Badoer. Apalagi, meski batal comeback, Schumi (sapaan Schumacher) tetap melakukan latihan fisik dengan intensif. Termasuk melakukan simulasi dengan gokart. Namun, lagi-lagi juara dunia tujuh kali itu membantah akan kembali dalam waktu dekat.

"Saya sama sekali tak mau menepis kemungkinan akan kembali suatu hari nanti. Saya masih menjadi bagian dari keluarga Ferrari. Tapi, untuk saat ini jawaban saya: tidak," tegas Schumi.


BY : JAWAPOS

0 komentar:

Posting Komentar

SEARCH

CLOCK

JOIN ME

YM STATUS

ShoutBox

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Visitor Information

free counters